Selasa, 29 Agustus 2023

ULANGAN PRAKTEK BLOG (30/08/23)

A) TEMPAT WISATA ALAM DI PROVINSI PAPUA


01) Lembah Baliem, Kabupaten Jayawijaya

 lembah Baliem merupakan lembah di Pegunungan Jayawijaya, dengan suhu rata-rata 10-15 derajat Celcius pada malam hari. Meskipun namanya ‘lembah’, tetapi wisata alam di Papua ini berada di ketinggian 1600 mdpl dan dikelilingi pegunungan.

lembah Baliem juga menjadi tempat tinggal bagi beberapa suku asli Papua seperti Suku Yali, Suku Lani, dan Suku Hubula (Dani). Setiap bulan Agustus, Festival Budaya Lembah Baliem diadakan untuk memperkenalkan wisata Jayawijaya sekaligus mempertontonkan atraksi kolosal perang antarsuku yang epik! Pada festival yang sudah diselenggarakan selama tiga puluh tahun ini, kamu juga bisa menonton pertunjukan alat musik tradisional (pikon dan witawo), atraksi memasak tradisional (bakar batu), permainan anak (puradan dan sikoko), dan masih banyak lagi pagelaran budaya yang menarik. 

 Di Lembah Baliem, ada sebuah tradisi dari Suku Dani yang digunakan untuk mengungkapkan perasaan sedih. Mereka melakukan ikipalin atau potong jari yang bermakna rasa sakit dan pedih yang dirasakan. Mengingat bagi masyarakat Suku Dani, jari tangan memiliki makna mendalam.

Lokasi: Wamena, Kabupaten Jayawijaya
Bandara Terdekat: Bandara Wamena, berjarak kurang lebih 30 menit dari arena utama Festival Lembah Baliem.


02. Danau Habema, Kabupaten Jayawijaya

Saat berada di Wamena yang merupakan ibu kota Kabupaten Jayawijaya, ada satu lagi wisata alam di Papua yang harus kamu kunjungi. Danau Habema, atau yang juga dikenal dengan nama Danau Yuginopa, berjarak 48 km dari Wamena. Kelelahan dalam perjalanan selama kurang lebih tiga jam pasti terbayar kala memandangi salah satu danau tertinggi di Indonesia ini.Berada pada ketinggian 3,225 mdpl, 

ketika kamu tiba di Danau Habema kamu akan disambut oleh burung-burung eksentrik yang mungkin hanya ada di tanah Papua. Dipenuhi oleh tanaman perdu, dan oleh karena danaunya hampir selalu diliputi kabut, membuat suasana semakin syahdu. Plus panorama Gunung Trikora. 
Danau Habema menyandang predikat sebagai danau di atas awan, karena lokasi Danau Habema berada di atas ketinggian, dekat dengan puncak trikora.
Lokasi: Wamena, Kabupaten Jayawijaya
Bandara Terdekat: Bandara Wamena, lalu menempuh perjalanan sejauh 45 km dengan mobil sewaan.

03. Taman Nasional Teluk Cenderawasih

luasnya mencapai 1,453,500 hektar! Tak kurang dari 18 pulau berada di Teluk Cenderawasih, dengan lebih dari 500 spesies karang. Teluk Cenderawasih merupakan ‘rumah’ bagi hiu paus (Rhincodon typus) yang jinak. Para nelayan dan warga setempat sudah biasa bercengkrama dengan makhluk laut super besar ini. Kamu bisa memesan paket diving untuk berenang bersama spesies mamalia yang berukuran rata-rata 20 meter ini. 

Taman Nasional Teluk Cendrawasih merupakan perwakilan ekosistem terumbu karang, pantai, mangrove dan hutan tropika daratan pulau di Papua.Taman Nasional Teluk Cendrawasih terkenal kaya akan jenis ikan. Tercatat kurang lebih 209 jenis ikan penghuni kawasan ini di antaranya butterflyfish, angelfish, damselfish, parrotfish, rabbitfish, dan anemonefish.Jenis moluska antara lain keong cowries (Cypraea spp.), keong strombidae (Lambis spp.), keong kerucut (Conus spp.), triton terompet (Charonia tritonis), dan kima raksasa (Tridacna gigas).

Terdapat empat jenis penyu yang sering mendarat di taman nasional ini yaitu penyu sisik (Eretmochelys imbricata), penyu hijau (Chelonia mydas), penyu lekang (Lepidochelys olivaceae), dan penyu belimbing (Dermochelys coriacea). Duyung (Dugong dugon), paus biru (Balaenoptera musculus), ketam kelapa (Birgus latro), lumba-lumba, dan hiu sering terlihat di perairan Taman Nasional Teluk Cendrawasih

Lokasi: Distrik Sobey Indah, Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat
Bandara Terdekat: Bandar Udara Douw Aturure – Nabire, lalu menyeberang dengan perahu motor selama kurang lebih 3,5 jam.

04. Danau Paniai

Pada Konferensi Danau Se-Dunia tahun 2007, nama Danau Paniai dinobatkan sebagai danau terindah di dunia. Yang mengesankan, hingga kini keasrian danau yang berada di ketinggian 1,700 mdpl tersebut tetap terjaga, meskipun semakin banyak masyarakat yang tinggal di sekitar danau. Tempat paling pas untuk memandangi keindahan danau seluas 14,500 hektar ini adalah dari bukit di desa Enarotali. Cobalah merayu warga setempat yang melakukan budidaya seafood seperti ikan nila, ikan mujair, belut, dan udang, untuk menjual hasil tangkapan mereka – dan nikmati sedapnya kuliner Papua fresh from the lake.

Danau Paniai menyimpan aneka jenis ikan air tawar dan udang. Ikan nila (oreochromis niloticus), ikan mujair (oreochromis mossambicus), ikan mas/ikan karper (cyprinus carpio), ikan sembilan hitam, dan ikan belut (synbranchus) adalah di antara jenis ikan yang dapat dijumpai di danau ini. Sedangkan ikan pelangi (rainbow/melanotaenia ayamaruensis) merupakan biota Danau Paniai yang sering dicari oleh para nelayan dan hobiis ikan hias karena bernilai ekonomi tinggi. Bila beruntung, di Danau Paniai 

Lokasi: Distrik Paniai Timur, Kabupaten Paniai, Papua
Bandara Terdekat: Bandara Enarotali, yang terletak di pinggir Danau Paniai.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Foto: Foto: Foto: Foto: